Siapa yang Lebih Berhak Berdiri di Belakang Imam dan Keutamaan Shalat di Shaf Terdepan

🅢🅘🅡🅐🅜🅐🅝 - 🅠🅞🅛🅑🅤 - 🅠🅗🅙

1. Urutan Shaf dalam Shalat :
Dalam shalat berjamaah, posisi dalam shaf (barisan) memiliki aturan dan keutamaan tertentu. Rasulullah ﷺ sangat menganjurkan agar shaf shalat dirapatkan dan diluruskan, serta diatur dengan urutan yang tepat.

- Laki-laki Dewasa : Mereka yang lebih berhak berdiri di belakang imam adalah laki-laki dewasa yang berilmu dan paham agama. Rasulullah ﷺ bersabda:

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ: لِيَلِنِي مِنْكُمْ أُولُو الأَحْلاَمِ وَالنُّهَى، ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ، ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ ✾ رواه مسلم

Rasulullah ﷺ bersabda : Hendaklah orang-orang yang dewasa dan berakal (yang paham agama) di antara kalian berdiri di belakangku, kemudian yang setelah mereka, kemudian yang setelah mereka.

- Anak-anak dan Pemuda : Mereka berdiri di belakang laki-laki dewasa. Namun, jika tidak ada laki-laki dewasa, maka anak-anak yang lebih paham agama bisa berada di barisan terdepan.

- Wanita : Wanita yang ikut shalat berjamaah menempati shaf di belakang shaf laki-laki. Shaf terbaik bagi wanita adalah yang paling belakang karena lebih jauh dari pandangan laki-laki.

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ : خَيْرُ صُفُوفِ الرِّجَالِ أَوَّلُهَا، وَشَرُّهَا آخِرُهَا، وَخَيْرُ صُفُوفِ النِّسَاءِ آخِرُهَا، وَشَرُّهَا أَوَّلُهَا ✾ رواه مسلم

Rasulullah ﷺ bersabda : Shaf terbaik bagi laki-laki adalah yang paling depan, dan shaf yang paling buruk adalah yang paling belakang. Shaf terbaik bagi wanita adalah yang paling belakang, dan shaf yang paling buruk adalah yang paling depan.

2. Keutamaan Shalat di Shaf Terdepan :

Shaf terdepan memiliki keutamaan yang besar dalam shalat berjamaah. Mereka yang berdiri di shaf terdepan mendapatkan pahala yang lebih besar karena lebih dekat dengan imam dan karena mereka bersegera dalam kebaikan.

- Keutamaan Shaf Terdepan :

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ: لَوْ يَعْلَمُ النَّاسُ مَا فِي النِّدَاءِ وَالصَّفِّ الأَوَّلِ ثُمَّ لَمْ يَجِدُوا إِلاَّ أَنْ يَسْتَهِمُوا عَلَيْهِ لاسْتَهَمُوا ✾ رواه البخاري ومسلم

Rasulullah ﷺ bersabda : Seandainya manusia mengetahui keutamaan adzan dan shaf pertama, kemudian mereka tidak bisa mendapatkannya kecuali dengan mengundi, niscaya mereka akan mengundi untuk mendapatkannya.

Hadits ini menunjukkan betapa besarnya pahala dan keutamaan bagi mereka yang menempati shaf pertama dalam shalat berjamaah, sehingga Rasulullah ﷺ menggambarkan seolah-olah orang-orang akan berebut bahkan sampai harus diundi.

3. Meluruskan dan Merapatkan Shaf :

Rasulullah ﷺ juga sangat menekankan pentingnya meluruskan dan merapatkan shaf dalam shalat berjamaah, sehingga tidak ada celah yang bisa dimasuki setan. Ini adalah bagian dari kesempurnaan shalat berjamaah.

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ: أَقِيمُوا الصُّفُوفَ، وَحَاذُوا بَيْنَ المَنَاكِبِ، وَسُدُّوا الخَلَلَ، وَلِينَوا بِأَيْدِي إِخْوَانِكُمْ، وَلا تَذَرُوا فُرُجَاتٍ لِلشَّيْطَانِ، وَمَنْ وَصَلَ صَفًّا وَصَلَهُ اللَّهُ، وَمَنْ قَطَعَ صَفًّا قَطَعَهُ اللَّهُ ✾ رواه أبو داود

Rasulullah ﷺ bersabda : Luruskanlah shaf-shaf kalian, rapatkanlah antara bahu-bahu kalian, tutuplah celah-celah, lunakkanlah tangan saudara kalian, dan janganlah kalian biarkan celah untuk setan. Barang siapa yang menyambung shaf, Allah akan menyambungnya, dan barang siapa yang memutus shaf, Allah akan memutuskannya.

Kesimpulan :
Dalam shalat berjamaah, urutan dan keutamaan shaf sangat penting. Orang yang lebih berhak berdiri di belakang imam adalah laki-laki dewasa yang berilmu, dan shaf terdepan memiliki keutamaan yang besar. Meluruskan dan merapatkan shaf juga menjadi bagian dari kesempurnaan shalat, yang tidak boleh diabaikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TARAWIH DIMASJID TAPI WITIRNYA DIRUMAH

5 SUKSES DI BULAN RAMADHAN

8 JENIS TEMAN BERGAUL DAN PENGARUHNYA