5 SUKSES DI BULAN RAMADHAN

1. SUKSES SHALAT TARAWIH

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: "Barangsiapa menegakkan Ramadlan (menghidupkan malam ramadhan) karena iman dan mengharap pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu".
Dari Abu Salamah bin 'Abdurrahman bahwasanya dia bertanya kepada 'Aisyah radhiyallahu 'anha tentang cara shalat Rasulullah ﷺ di bulan Ramadhan. Maka 'Aisyah radhiyallahu 'anha menjawab: "Tidaklah Rasulullah ﷺ (melaksanakan shalat malam) di bulan Ramadhan dan di bulan-bulan lainnya lebih dari sebelas raka'at, Beliau shalat empat raka'at, maka jangan kamu tanya tentang bagus dan panjangnya kemudian Beliau shalat empat raka'at lagi dan jangan kamu tanya tentang bagus dan panjangnya, kemudian Beliau shalat tiga raka'at.

2. SUKSES PUASA

Dari Abu Hurairah dia berkata, "Rasulullah ﷺ bersabda, "Setiap amal anak Adam akan dilipat gandakan, satu kebaikan menjadi sepuluh hingga tujuh ratus kebaikan sekehendak Allah, Allah berfirman, "Kecuali puasa, puasa adalah untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya, dia tinggalkan makan dan minumnya karena Aku.

Dari Sahal radhiallahu'anhu dari Nabi ﷺ bersabda, "Dalam surga ada satu pintu yang disebut dengan Ar-Rayyan, yang pada hari kiamat tidak akan ada orang yang masuk ke surga melewati pintu itu kecuali para shaimun (orang-orang yang berpuasa). Tidak akan ada seorangpun yang masuk melewati pintu tersebut selain mereka. Lalu dikatakan kepada mereka; Mana para shaimun, maka para shaimun berdiri menghadap. Tidak akan ada seorangpun yang masuk melewati pintu tersebut selain mereka. Apabila mereka telah masuk semuanya, maka pintu itu ditutup dan tidak akan ada seorangpun yang masuk melewati pintu tersebut".

Dari Abu Hurairah berkata; Rasulullah ﷺ bersabda, "Barangsiapa yang berpuasa karena iman dan mengharap pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu".

3. SUKSES BACA AL-QUR'AN

Dari Umar bin khotthob : Rasulullah ﷺ bersabda : Al-Qur'an ada 1.027.000 huruf, apabila seseorang membacanya dengan sabar dan mengharap pahala maka disetiap hurufnya diganjar seorang bidadari yg bermata indah.

Dari Abdallah bin mas'ud berkata : Rasulullah ﷺ bersabda “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” jadi kalau kita baca الم sudah mendapat 30 kebaikan.

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha  meriwayatkan bahwa Rasulullah ﷺ  bersabda: “Seorang yang lancar membaca Al-Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu tha'at kepada Allah, adapun yang membaca Al-Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala”

Al-Quran adalah kitab yang menjadi pembela dan bisa diminta pembelaan, dia adalah pelapor dan dibenarkan laporannya. Siapa saja yang menjadikan Al-Quran ada di depannya maka dia akan menuntunnya ke surga. Tapi siapa saja yang menjadikan Al-Quran di belakangnya maka dia akan menggiringnya ke neraka.

4. SUKSES 'ITIKAF DAN LAILATUL QODAR

Dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah ﷺ berkaitan dengan orang yang beri'tikaf: "Ia berdiam diri dari dosa-dosa dan dialirkan baginya kebaikan-kebaikan seperti orang yang melakukan semua kebaikan. "

Dari 'Ali bin 'Urwah ia berkata : Suatu hari Rasulullah ﷺ bercerita tentang empat orang dari Bani Isro'il ,mereka menyembah kepada Allah selama delapan puluh tahun mereka tidak ma'siat kepada Allah sekejap matapun , lalu Nabi menyebutkan , Ayub dan Zakariah dan Hizqil bin Al-'Ajuz dan Yusa' bin Nun . Ali bin Urwah berkata : Setelah mendengar cerita Nabi para sahabat Rasulullah ﷺ merasa heran tentang cerita itu , lalu kemudian malaikat Jibril datang kepada Rasullah dan berkata : Hai Muhammad umatmu merasa heran tentang ibadahnya mereka empat golongan tersebut karena selama delapan puluh tahun mereka tidak maksiat kepada Allah sekejap matapun , Sungguh Allah telah menurunkan pada yang lebih baik dari pada demikian itu , lalu maikat Jibril membacakan pada Rasul : Sesungguhnya kami Allah telah menurunkan pada Al-Qur'an di malam lailatul qodar ✾ Wahai muhammad apakah engkau tau apakah malam qodar itu ✾ Malam Qodar itu lebih baik dari pada seribu bulan ✾ Malam qodar ini lebih utama dari pada apa yang engkau dan umatmu herankan, lalu Rasulullah ﷺ dan manusia bersama Rasul dibuat gembira dengan kabar itu.

5. SUKSES ZAKAT FITRAH

Dari Ibnu Umar ia berkata, "Rasulullah ﷺ mewajibkan zakat fitrah dengan satu sha' biji gandum atau satu sha' kurma, baik orang merdeka ataupun budak, laki-laki ataupun perempuan dari kaum muslimin."

Dari Ibnu Abbas ia berkata, "Rasulullah ﷺ mewajibkan zakat fitrah, ia sebagai pensuci dari perbuatan sia-sia dan perkataan kotor orang yang berpuasa, dan sebagai pemberian makan kepada orang-orang miskin. Barangsiapa menunaikannya sebelum shalat 'ied maka zakatnya diterima, dan barangsiapa menunaikannya setelah shalat, maka ia hanyalah salah satu bentuk shadakah."

Dari Jarir bin abdillah r.a sesungguhnya nabi ﷺ nersabda : sesungguhnya (amalan) bulan Romadlon digantung di antara langit dan bumi, tidak akan dilaporkan kepada Alloh kecuali dengan memberikan zakat fitrah.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TARAWIH DIMASJID TAPI WITIRNYA DIRUMAH

8 JENIS TEMAN BERGAUL DAN PENGARUHNYA