LIDAH YANG KOTOR DISEBABKAN HATI YANG KOTOR


Lidah itu memang tidak bertulang tapi tajamnya lidah dapat lebih tajam dari sembilah pisau, Ucapan lisan yang baik lagi penuh hikmah dapat menyejukkan hati dan perasaan, sedangkan ucapan lisan yang pedas menyakitkan dapat menyayat hati dan perasaan.

Anggota tubuh yang terluka dapat sembuh terobati tapi bila hati yang terluka sulit untuk disembuhkan kecuali dengan kemaafan yang tulus.

Berapa banyak manusia yang bertikai bahkan berujung saling membunuh sehinga menumpahkan darah hanya karna berawal dari ucapan lisan yang kotor dan menyakit kan.

Ketahuilah bahwa kotornya lisan adalah refleksi dari kotornya hati, sedangkan kotornya hati dapat disebabkan karna banyak noda dosa yang telah dilakukan.
Sesungguhnya ketika seorang hamba melakukan satu dosa, maka akan tumbuh pada hatinya setitik hitam, sekiranya dia bertaubat akan terkikislah titik hitam itu daripada hatinya. 

Jika dia tidak bertaubat maka titik hitam itu akan terus merebak hingga seluruh hatinya menjadi hitam.

Ucapan yang kotor bila telah terucap sulit untuk menarik kembali ucapannya.

Ucapan yang kotor bisa berupa sindiran, cacian, makian, umpatan, hinaan, fitnah, dusta dan sumpah serapah. 

Sebagai cerminan diri kita masing-masing bila tidak ingin hati tersinggung dan tersakiti maka jagalah perasaan orang lain dengan menjaga ucapan yang keluar dari lisan kita.

Karena semua yang kita lakukan saat ini kelak akan di mintai pertangung jawabannya.
Bila tidak mampu menyenangkan hati orang lain maka jangan membuat hatinya terluka.

Mari melatih diri untuk membiasakan berucap dengan ucapan yang baik atau ucapan nasehat yang mengandung nasehat dan dakwah.

Bila tidak mampu maka sebaiknya hemat bicara dari perkara yang sia-sia 
Dari Ibnu Umar Rasulullah ﷺ bersabda,  
Janganlah kalian banyak bicara tanpa berzikir kepada Allah, karena banyak bicara tanpa berzikir kepada Allah membuat hati menjadi keras. 

Dan orang-orang yang paling jauh dari Allah adalah orang-orang yang berhati keras.

Berhati-hatilah, mulut dan lidah adalah harta karun yang luar biasa, namun juga penyakit menular yang sulit disembuhkan bila tidak dijaga dengan baik.

Semoga bermanfaat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TARAWIH DIMASJID TAPI WITIRNYA DIRUMAH

5 SUKSES DI BULAN RAMADHAN

8 JENIS TEMAN BERGAUL DAN PENGARUHNYA