4000 Malaikat Mengaminkan Do'amu


Kita bisa bayangkan betapa dahsyatnya do'a kita ketika para malaikat ikut membantu mengaminkannya. Karna, seperti yang kita ketahui bahwa doanya para malaikat termasuk doa yang diijabah oleh Allah.

Setidaknya ada dua alasan yang kuat mengapa doa para malaikat dijamin mustajab :

Pertama, malaikat adalah makhluk Allah yang mulia. Tidak pernah durhaka kepada Allah, selalu mentaati semua perintahnya dan tidak pernah melanggar larangannya.

Kedua, banyak ayat dan juga hadist Nabi ﷺ yang menceritakan motivasi atau ancaman dengan do'a Malaikat.

Ibnu Batthal rahimahullah berkata,
Sering kali Rasulullah ﷺ berdalil dengan doa malaikat bahwa barang siapa yang melakukan suatu kebaikan maka akan didoakan malaikat atau barang siapa yang melakukan suatu dosa akan dilaknat oleh malaikat atau hadist-hadist yang semisal dengan itu. Karena, sejatinya doa mereka dikabulkan oleh Allah. Di antara contohnya adalah Rasulullah ﷺ pernah mengancam suatu perbuatan kemaksiatan, dimana malaikat akan mendoakan keburukan bagi pelakunya. Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu, dari Nabi ﷺ bersabda,
Jika seorang laki-laki mengajak istrinya ke ranjang lantas istri tersebut enggan memenuhinya, maka malaikat akan melaknatnya hingga waktu Shubuh.
Malaikat terus mendoakan seorang diantara kalian selama dia ditempat shalatnya, selama belum batal wudhunya. Malaikat berdoa, “Ya Allah ampunilah dia… Ya Allah rahmatilah dia.

Dari hadist-hadist diatas bisa kita fahami bahwa, Tidaklah Nabi ﷺ mengancam/memotivasi suatu perbuatan buruk / baik dengan doa dari malaikat, kecuali karena doa malaikat pasti dikabulkan. Oleh karenanya, Ibnu Hajar rahimahullah mengomentari hadist ini,
Ibnu Abi jamrah mengatakan, “Hadist tersebut menunjukkan mustajabnya doa Malaikat. Baik doa kebaikan maupun keburukan. Karena Nabi ﷺ menakut-nakuti dengan doa Malaikat."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TARAWIH DIMASJID TAPI WITIRNYA DIRUMAH

5 SUKSES DI BULAN RAMADHAN

8 JENIS TEMAN BERGAUL DAN PENGARUHNYA