DO'A PERLINDUNGAN DARI KEJELEKAN MAKHLUQNYA ALLAH


ⓢⓘⓡⓐⓜⓐⓝ ⓠⓞⓛⓑⓤ ⓠⓗⓙ

Ada kalimat singkat yang membuat pembacanya dilindungi Allah dari kejahatan dan bahaya. Juga dilindungiNya dari kecelakaan. Termasuk serangan binatang beracun dan berbahaya seperti kalanjengking, ular dan sebagainya.

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, “Ada seseorang yang datang menghadap Nabi ﷺ lalu berkata, ‘Wahai Rasulullah, mengapa aku menjumpai kalajengking yang menyengatku semalam.”

Rasulullah bersabda, “Andai ketika sore kamu membaca (yang artinya) ‘Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk-Nya’ niscaya dia tidak akan mencelakaimu.’

Inilah kalimat yang diajarkan Rasulullah ﷺ Singkat bacaannya, Namun ia memiliki keutamaan luar biasa. Pembacanya akan dilindungi Allah dari kejahatan, kecelakaan dan bahaya.

Doa singkat itu berbunyi:


أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

A’uudzu bikalimaatillaahit taammaati min syarri maa kholaq

Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk-Nya

Dibaca Pagi dan Sore
Hadits ini juga dicantumkan Imam Nawawi dalam bab dzikir Pagi dan Sore. Sebab dia disunnahkan untuk dibaca di waktu pagi dan di waktu sore. Jika dibaca di waktu sore, maka pembacanya akan dilindungi Allah hingga pagi hari. Dan jika dibaca di waktu pagi, maka pembacanya akan dilindungi Allah hingga sore hari.

Allah Pasti Melindungi
Sesungguhnya Allah pasti akan menjaga siapapun yang memohon perlindungan kepadanya.

Maka ketika membaca kalimat singkat ini, tanamkan dalam diri bahwa kita memohon perlindungan kepada Allah dari seluruh kejahatan dan bahaya. Yakinlah bahwa Allah Maha Melindungi dan Allah kuasa melindungi hamba dari seluruh kejahatan makhluknya.

Ibnu Katsir menjelaskan bahwa makna min syarri maa kholaq adalah “dari kejahatan seluruh makhluk.”

Sehingga dia bukan hanya kalajengking dan hewan berbahaya saja, namun juga dari kejahatan manusia dan jin. Termasuk dilindungiNya dari bahaya dan kecelakaan.

Semoga bermanfaat
                                                                 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TARAWIH DIMASJID TAPI WITIRNYA DIRUMAH

5 SUKSES DI BULAN RAMADHAN

8 JENIS TEMAN BERGAUL DAN PENGARUHNYA