DIANTARA SIFAT SEBAIK-BAIKNYA MANUSIA.

Kita pasti menginginkan menjadi manusia yang baik. Apalagi jika yang menyebutkan predikat manusia terbaik itu keluar dari lisan Rasulullah ﷺ yang kita ketahui bahwa Rasulullah ﷺ tidak akan berbicara semau hatinya, melainkan karena bimbingan atau wahyu dari Allah.

Penyebutan “Manusia Yang  Terbaik” banyak tertera Dalam Hadits-hadits Yang Shahih. Dengan mempelajari ini, kita berharap menjadi salah satu manusia terbaik yang disebutkan dalam hadits-hadits shahih berikut:

1. Orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.

 ❖  Rasulullah ﷺ bersabda :
Hadits ini bisa menjadi motivasi bagi kita untuk bisa lebih mempersungguh lagi didalam mempelajari alqur’an, baik dari bacaan, makna dan keterangannya Dan hendaknya kita juga berniat dan semangat untuk mengajarkannya kembali terutama kepada anak-anak kita

 2. Orang yang baik akhlaqnya.

 ❖  Rasulullah ﷺ bersabda :
Dalil Ini harusnya menjadi motivasi juga bagi kita agar senantiasa berakhlak yang baik kepada semua orang: suami atau istri, orang tua, tetangga, saudara jamaah, rekan kerja maupun kepada anak-anak kita. Jaga lisan dan perbuatan kita. Jangan sampai kehadiran kita di lingkungan sekitar kita, seperti duri dalam daging yang menyakiti orang lain.

3. Orang yang paling baik dalam melunasi hutang.

 ❖  Rasulullah ﷺ telah bersabda,
Berhutang bukanlah sesuatu yang ringan. Bahkan Rasulullah ﷺ berdoa agar dijauhkan dari hutang. Namun jika kita terpaksa berhutang, maka berusahalah untuk membayarnya dengan cara yang baik: membayar tepat waktu bukan malah mengulur-mengulur waktunya, membayar dengan yang lebih baik bukan mengurangi jumlah maupun takarannya dan lain sebagainya.

 4. Orang yang paling diharapkan kebaikannya dan orang lain pun merasa aman dari kejelekannya.

 ❖  Rasulullah ﷺ bersabda :
Berusahalah untuk menjadi manusia yang senantiasa diharapkan kebaikannya, mudah dimintai pertolongan, dan jadilah tempat yang siapapun berada di sisi kita, mereka merasa aman dari gangguan dan kejelekan kita.

 5. Orang yang paling baik kepada keluarganya.

 ❖  Rasulullah ﷺ bersabda :
Mari kita berusaha untuk menjadi pribadi yang paling baik akhlaknya kepada keluarga kita. Menjadi pribadi yang lemah lembut, suka menolong, tidak kasar, tidak pelit, penuh kasih sayang, saling menjaga perasaan, dan akhlak mulia lainnya

6. Orang yang faqih terhadap agamanya.

 ❖  Rasulullah ﷺ bersabda :
Ini juga menjadi motivasi bagi kita agar terus berusaha mempelajari QHJ sampai faham bukan sekedar khatam.

 7. Orang yang gemar memberikan makanan kepada orang lain dan menjawab salam.

 ❖  Rasulullah ﷺ bersabda :
Ayo,,, disemangati lagi shodaqoh makanannya dan jangan malas menjawab salam. perbuatan Ini mudah namun sering terabaikan.

8. Orang yang senang merapatkan shaff dalam shalat.

 ❖  Rasulullah ﷺ bersabda :
Maksud hadits ini adalah bahwa salah satu kategori orang yang paling baik adalah orang yang ketika berada di dalam shaff, kemudian ada orang lain yang memegang bahunya untuk menyempurnakan (merapatkan dan meluruskan shaff), dia akan merapatkannya dengan senang hati tidak menolaknya. 

9. Orang yang panjang usianya dan baik pula amalannya.

 ❖  Rasulullah ﷺ bersabda :
10. Orang yang menepati janji.

 ❖  Rasulullah ﷺ bersabda:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TARAWIH DIMASJID TAPI WITIRNYA DIRUMAH

5 SUKSES DI BULAN RAMADHAN

8 JENIS TEMAN BERGAUL DAN PENGARUHNYA