BAB SUJUD TILAWAH

Sujud tilawah adalah sujud yang disebabkan karena membaca atau mendengar ayat-ayat sajadah yang terdapat dalam Al Qur’an.

IBLIS MENANGIS KETIKA ADA YANG SUJUD TILAWAH
Rasulullah ﷺ Jika anak Adam membaca ayat sajadah, lalu dia sujud, maka setan akan menjauhinya sambil menangis dan berkata: “Celaka aku. Anak Adam disuruh sujud, dia pun bersujud, maka baginya surga. Sedangkan aku sendiri diperintahkan untuk sujud, namun aku tidak mau, sehingga aku pantas mendapatkan neraka.”

NABI & PARA SHAHABAT BERUSAHA SUJUD TILAWAH
Rasulullah ﷺ membacakan kepada Kami sebuah surat. Ibnu Numair berkata; tidak dalam keadaan shalat. Kemudian keduanya sama lafadz mereka yaitu, "Kemudian beliau bersujud dan Kamipun bersujud bersamanya hingga salah seorangpun diantara Kami yang tidak mendapatkan tempat untuk meletakkan keningnya (semuanya berusaha untuk ikut sujud).

JANGAN MEMBACA AYAT SUJUD KALAU TIDAK MAU SUJUD
Bahwa 'Uqbah bin 'Amir berkata; aku bertanya kepada Rasulullah ﷺ "Apakah dalam surat Al Haj terdapat dua ayat sajadah?" beliau menjawab: "ya, benar. Barangsiapa tidak sujud ketika membacanya, maka janganlah dia membaca kedua ayat sajadah tersebut.

ANCAMAN MEREMEHKAN SUJUD TILAWAH
Bahwa Nabi ﷺ membaca surah An-Najm lalu Beliau sujud dan tidak ada seorang pun dari kaum saat itu melainkan mengikuti beliau untuk sujud. Kecuali ada seseorang dari mereka yang dia hanya mengambil segenggam kerikil atau tanah lalu menempelkannya pada mukanya seraya berkata; "bagiku cukup begini". Berkata, 'Abdullah: Di kemudian hari aku melihat orang itu terbunuh dalam kekafiran".

DO'A SUJUD TILAWAH
Rasulullah ﷺ ketika melakukan sujud Al Qur'an (sajdah) pada malam hari beliau mengucapkan beberapa kali:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TARAWIH DIMASJID TAPI WITIRNYA DIRUMAH

5 SUKSES DI BULAN RAMADHAN

8 JENIS TEMAN BERGAUL DAN PENGARUHNYA