BAB PUASA RAMADHAN

KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN

Dari Abu Hurairah dari Rasulullah ﷺ, beliau bersabda, "Jika tiba waktu awal malam di bulan Ramadan maka setan-setan dan jin-jin yang liar dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup dan tidak ada yang dibuka. Pintu-pintu surga dibuka dan tidak ada yang ditutup, lalu ada penyeru yang berseru, "Hai orang yang mencari kebaikan, teruskanlah. Hai orang yang mencari keburukan, berhentilah. Sesungguhnya Allah membebaskan orang-orang dari neraka, dan itu terjadi pada setiap malam. "

WAJIBNYA BERPUASA KETIKA MELIHAT TANGGAL SATU RAMADHAN.

Dari Abu Hurairah dia berkata, "Rasulullah ﷺ bersabda, "Jika kalian melihat hilal (1 ramadhan) maka berpuasalah, dan jika kalian melihat hilal (1 syawal) maka berbukalah (jangan berpuasa). Dan jika (1 syawal) tidak terlihat oleh kalian maka berpuasalah tiga puluh hari. "

NIAT SEBELUM BERPUASA.

Dari Hafshah ia berkata, "Rasulullah ﷺ bersabda, "Tidak ada puasa bagi yang tidak berniat di waktu malam."

MAKAN SAHUR BAGI YANG MENGHENDAKI PUASA.

Dari Anas bin Malik ia berkata, "Rasulullah ﷺ bersabda, "Hendaklah kalian makan sahur, sebab dalam sahur ada barokahnya. 

MENYEGERAKAN BERBUKA PUASA.

Dari Sahl bin Sa'd bahwa Nabi ﷺ bersabda, "Manusia akan tetap dalam kebaikan selama mereka bersegera dalam berbuka. 

BERATNYA KETIKA TIDAK MENINGGALKAN LAHAN DAN MAKSIAT SAAT SEDANG BERPUASA.
Dari Abu Hurairah dia berkata, "Rasulullah ﷺ bersabda, "Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan kotor, perbuatan bodoh dan melakukannya, maka Allah tidak butuh puasanya meskipun dia meninggalkan makanan dan minumannya. 

Dari Abu Hurairah dia berkata, "Rasulullah ﷺ bersabda, "Pada hari saat kalian berpuasa, janganlah berkata kotor dan keji atau berbuat bodoh, jika ada seseorang yang berlaku bodoh kepadanya hendaklah ia katakan, "Aku sedang berpuasa. "

KEUTAMAAN BERPUASA DI BULAN RAMADHAN.
Dari Abu Hurairah dia berkata, "Rasulullah ﷺ bersabda, "Setiap amal anak Adam akan dilipat gandakan, satu kebaikan menjadi sepuluh hingga tujuh ratus kebaikan sekehendak Allah, Allah berfirman, "Kecuali puasa, puasa adalah untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya, dia tinggalkan makan dan minumnya karena Aku. 

Dari Sahal radhiallahu'anhu dari Nabi ﷺ bersabda, "Dalam surga ada satu pintu yang disebut dengan Ar-Rayyan, yang pada hari kiamat tidak akan ada orang yang masuk ke surga melewati pintu itu kecuali para shaimun (orang-orang yang berpuasa). Tidak akan ada seorangpun yang masuk melewati pintu tersebut selain mereka. Lalu dikatakan kepada mereka; Mana para shaimun, maka para shaimun berdiri menghadap. Tidak akan ada seorangpun yang masuk melewati pintu tersebut selain mereka. Apabila mereka telah masuk semuanya, maka pintu itu ditutup dan tidak akan ada seorangpun yang masuk melewati pintu tersebut".

Dari Abu Hurairah berkata; Rasulullah ﷺ bersabda, "Barangsiapa yang berpuasa karena iman dan mengharap pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu".

BERATNYA BERBUKA/MOKEL DENGAN SENGAJA.

Dari Abu Hurairah ia berkata, "Rasulullah ﷺ bersabda, "Barangsiapa berbuka atau mokel satu hari di bulan Ramadan tanpa udzur yang dibolehkan, maka hal itu tidak dapat diganti meskipun dengan puasa satu tahun. 

KAFARAH BAGI YANG KOBONGAN (MENJIMA' DISIANG HARI RAMADHAN)

Abu Hurairah berkata, "Seorang laki-laki datang menemui Nabi ﷺ, dia lalu berkata, "Aku telah celaka, " beliau bertanya, "Apa yang membuatmu celaka?" Dia menjawab, "Aku telah menggauli istriku di bulan Ramadan, " Nabi ﷺ lalu bersabda, "Merdekakanlah seorang budak, " ia berkata, "Aku tidak mempunyai budak, " beliau bersabda, "Berpuasalah dua bulan berturut-turut. " Ia berkata, "Aku tidak sanggup, " beliau bersabda, "Berilah makan enam puluh orang miskin. " Ia berkata, "Aku tidak sanggup, " beliau bersabda, "Duduklah. " Maka ia pun duduk, di saat ia sedang duduk dihadapkanlah kepadanya keranjang yang disebut Al Araq (sebanding antara lima belas hingga dua puluh sha'). Beliau lalu bersabda, "Pergi dan bersedekahlah ini, " ia menjawab, "Wahai Rasulullah, demi Dzat yang mengutusmu dengan al haq, antara dua lembah ini tidak ada keluarga yang lebih membutuhkan ini kecuali kami. " Beliau bersabda, "Pergi dan berilah makan keluargamu. " 

Telah menceritakan kepada kami Harmalah bin Yahya berkata, telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Wahb berkata, telah menceritakan kepada kami Abdul Jabbar bin Umar berkata, telah menceritakan kepadaku Yahya bin Sa'id dari Sa'id Ibnul Musayyab dari Abu Hurairah dari Rasulullah ﷺ sebagaimana dalam hadits, beliau bersabda, "Berpuasalah satu hari untuk menggantinya. "

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TARAWIH DIMASJID TAPI WITIRNYA DIRUMAH

5 SUKSES DI BULAN RAMADHAN

8 JENIS TEMAN BERGAUL DAN PENGARUHNYA