TAMPARAN KERAS BAGI PENUNTUT ILMU


Semoga kita tidak menjadi orang yang amalnya menyelisihi ilmunya, sudah tahu tapi tidak diamalkan, atau malah dilanggar.

Renungkan Firman Allah :
Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.

Perhatikan sabda Rasulullah ﷺ di bawah ini:
Usamah berkata; "Aku mendengar Beliau (Nabi ﷺ) bersabda: Pada hari qiyamat akan didatangkan seseorang yang kemudian dia dilempar ke dalam neraka, isi perutnya keluar dan terburai hingga dia berputar-putar bagaikan seekor keledai yang berputar-putar menarik mesin gilingnya. Maka penduduk neraka berkumpul mengelilinginya sambil berkata; "Wahai fulan, apa yang terjadi denganmu?. Bukankah kamu dahulu orang yang memerintahkan kami berbuat ma'ruf dan melarang kami berbuat munkar?". Orang itu berkata; "Aku memang memerintahkan kalian agar berbuat ma'ruf tapi aku sendiri tidak melaksanakannya dan melarang kalian berbuat munkar, namun malah aku mengerjakannya".

Ali bin Abi Tholib radhiallahu'anhu mengatakan:
Wahai pembawa ilmu, amalkanlah ilmumu. Karena orang alim itu adalah yang mengamalkan ilmunya, dan amalannya sesuai dengan apa yang dia ilmui. Akan datang suatu kaum yang mereka membawa ilmu, namun ilmunya tidak melewati kerongkongan mereka. Yang mereka lakukan di kesendirian berbeda dengan dilakukan di depan orang-orang. Amalan mereka menyelisihi ilmu mereka. Mereka menghadiri majelis-majelis untuk membanggakan ilmu mereka. Sampai-sampai salah seorang diantara mereka akan marah ketika muridnya tersebut duduk berguru kepada orang lain dan bukan kepadanya. Amalan-amalan mereka di majelis-majelis tersebut tidak akan sampai pada Allah 'Azza wa Jalla (tidak berpahala)"

Semoga kita bisa Istiqomah

Imam Bukhari  tidaklah meletakan sebuah hadits melainkan dia amalkan terlebih dahulu,

Semoga kita tidak menjadikan apa yang sudah kita kaji, apa yang sudah kita khatamkan hanya sebatas hiasan atau koleksi semata,

Jangan sampai ketika kamu salah, dan ada yang menasehati dirimu  karena kamu tidak mengamalkan apa yang sudah kamu dapati ilmunya lantas terucap 

"Aku sudah khatam kutubus sittah, kamu ga perlu nasehatin saya"

"Aku sudah pernah belajar diharamain, kamu ga perlu nasehatin saya"

Janganlah ilmu yang kita dapatkan membuat kita sombong.. Membuat kita merasa lebih baik dari orang lain.. Bahkan ilmu yang kita sampaikan lantas tidak juga kita amalkan, Maka akan mendatangkan siksaan yang berat... 

Jangan sampai kita seperti Lilin yang yang apinya menerangi lingkungan sekitarnya tapi menghancurkan dirinya...

Semoga kita semua bisa mengambil hikmahnya dan ilmu yang kita miliki bisa bermanfaat bagi diri kita dan orang lain...

Ada empat hal yang Nabi ﷺ minta pada Allah untuk dijauhkan,
Ya Allah, aku meminta perlindungan padaMu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyu’, dari jiwa yang tidak pernah merasa puas, dan dari doa yang tidak dikabulkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TARAWIH DIMASJID TAPI WITIRNYA DIRUMAH

5 SUKSES DI BULAN RAMADHAN

8 JENIS TEMAN BERGAUL DAN PENGARUHNYA