PENGERTIAN RUKUN ISLAM DAN RUKUN IMAN

Rukun Islam sama halnya dengan rukun iman yang merupakan prinsip-prinsip dan amalan yang harus diketahui dan dilakukan oleh orang islam. Apabila rukun iman dilakukan setelah mengimani ajaran agama islam, maka rukun islam justru harus di lakukan agar menjadi orang islam yang sempurna. 

Rukun islam dan rukun iman cukup berbeda, dimana rukun islam lebih banyak diwujudkan berupa gerakan dan perbuatan fisik. Sedangkan rukun iman cenderung diwujudkan melalui keyakinan hati dan perubahan pola pikir, dari yang belum mengenal islam, menjadi lebih mendalami dan memahami tentang islam.

Seseorang dikatakan sebagai orang islam atau tidak dapat ditentukan melalui beberapa indikator, dimana indikator tersebut di wujudkan dalam lima amalan utama yang diajarkan dalam islam. Lima amalan indikator tersebut dikenal sebagai rukun islam. Jadi, jika kamu ingin dikatakan sebagai orang islam yang sesungguhnya, maka kamu harus mengamalkan rukun islam. begitu juga rukun iman.

Dari Abu Hurairah dia berkata, "Rasulullah ﷺ pada suatu hari berada di hadapan manusia, lalu seorang laki-laki mendatanginya seraya berkata, 'Wahai Rasulullah, apakah iman itu? ' Beliau menjawab, 'Kamu beriman kepada Allah, malaikat-Nya, kitab-Nya, beriman kepada kejadian pertemuan dengan-Nya, beriman kepada para Rasul-Nya, dan kamu beriman kepada hari kebangkitan yang akhir'. 

Dia bertanya, 'Wahai Rasulullah, apakah Islam itu? ' Beliau menjawab, 'Islam adalah kamu menyembah Allah dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun, mendirikan shalat yang wajib, membayar zakat yang difardlukan, dan berpuasa Ramadhan.' 

Dia bertanya lagi, 'Wahai Rasulullah, apakah ihsan itu? ' Beliau menjawab, 'Kamu menyembah Allah seakan-akan kamu melihat-Nya, maka jika kamu tidak melihat-Nya maka sesungguhnya Dia melihatmu.'

MUNCULNYA SIFAT MUNAFIK

Salah satu musuh orang islam yang paling berbahaya adalah orang munafik, orang munafik lebih berbahaya daripada orang kafir Sebab orang munafik hidup di tengah-tengah orang islam dan menampakkan diri mereka sebagai bagian dari orang islam tapi sepenuhnya aqidah mereka bertentangan dengan orang islam.

orang munafik baru muncul di Madinah pasca kemenangan kaum muslimin dalam Perang Badar di tahun 2H, Karena mereka merasa takut dengan orang islam akhirnya mereka berpura-pura masuk Islam Namun, di dalam hati mereka tetap menentang ajaran islam.

Orang munafik di Madinah dipimpin oleh Abul Habbab,Abdullah bin Ubay bin Salul Al-Khazraj dia adalah pemimpin suku Khazraj Setelah berakhirnya perang Bu'ats. saudara saudara antara suku Khazraj dan suku Aus yang menewaskan banyak orang di kedua belah pihak penduduk Madinah mulai mengambil Abdullah bin Ubay bin Salul sebagai raja Madinah.


Keputusan itu pada akhirnya batal, karena Rasulullah ﷺ hijrah ke Madinah dan sepenuhnya diterima sebagai pemimpin Madinah Hal itu mendorong Abdullah bin Ubay bin Salul untuk membenci dan memusuhi Rasulullah ﷺ dan menjadi pimpinan orang munafik

DEFINISI MUNAFIK


CIRI - CIRI ORANG MUNAFIK

Dari Abu Hurairah bahwa Nabi ﷺ pernah bersabda: Sesungguhnya orang-orang munafik itu mempunyai ciri-ciri khas yang dapat diketahui, yaitu salam penghormatan mereka berupa laknat, makanan mereka adalah hasil rampokan, dan ganimah mereka adalah hasil penggelapan (korupsi). Mereka tidak mendekati masjid-masjid melainkan menjauhinya, dan mereka tidak mendatangi salat kecuali paling belakang. Mereka bersikap sombong, tidak bersikap rukun dan tidak pula bersikap simpatik. Mereka di malam hari bagaikan kayu (yang tersandar) dan di siang hari gaduh.

Tanda orang munafik itu tiga apabila dia berucap berdusta, jika membuat janji berdusta, dan jika dipercayai mengkhianati


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TARAWIH DIMASJID TAPI WITIRNYA DIRUMAH

5 SUKSES DI BULAN RAMADHAN

8 JENIS TEMAN BERGAUL DAN PENGARUHNYA