KEUTAMAAN SURAH MULK

Dari Abu Hurairah dari Nabi ﷺ bersabda: 'Ada suatu surat dari al qur'an yang terdiri dari tiga puluh ayat dan dapat memberi syafa'at bagi yang membacanya, sampai dia di ampuni, yaitu; "Tabaarakalladzii biyadihil mulku…"
Dari Ibnu Abbas ia berkata; "Sebagian sahabat Nabi ﷺ membuat kemah di atas pemakaman, ternyata dia tidak mengira jika berada di pemakaman, tiba-tiba ada seseorang membaca surat TABAARAKAL LADZII BIYADIHIL MULKU (Maha Suci Allah yang di tanganNyalah segala kerajaan) ". sampai selesai, kemudian dia datang kepada Nabi ﷺ dan berkata; "Wahai Rasulullah sesungguhnya, aku membuat kemahku di atas kuburan dan saya tidak mengira jika tempat tersebut adalah kuburan, kemudian ada seseorang membaca surat TABARAK (surat) Al Mulk sampai selesai, " Rasulullah ﷺ bersabda: "Dia adalah penghalang, dia adalah penyelamat yang menyelamatkannya dari siksa kubur." Abu Isa berkata; Dari jalur ini, hadits ini hasan gharib. Dan dalam bab ini, ada hadits dari Abu Hurairah. 
Dari Abu Hurairah dari Nabi ﷺ beliau bersabda: "Sesungguhnya ada satu surat dalam Al Qur`an yang terdiri dari tiga puluh ayat, dan dapat memberikan syafa'at kepada seseorang hingga dia diampuni, yaitu surat TABAARAKAL LADZII BIYADIHIL MULKU." Abu Isa berkata; Hadits ini hasan.
Dari Jabir bahwa; "Tidaklah Nabi ﷺ tidur hingga beliau membaca ALIF LAAM MIIM TANZIL dan TABAARAKALLADZI BIYADIHIL MULK." Abu Isa berkata; Hadits ini diriwayatkan oleh beberapa perawi dari Laits bin Abu Sulaim seperti ini, dan diriwayatkan pula oleh Mughirah bin Muslim dari Abu Az Zubair dari Jabir dari Nabi ﷺ seperti ini. 

Zuhair meriwayatkan, katanya; "Aku bertanya kepada Abu Zubair; "Apakah kamu mendengar dari Jabir?" dia pun menyebut hadits ini. Abu Az Zubair mengatakan; Hanya Shafwan atau Ibnu Shafwan yang mengabarkannya kepadaku. Sepertinya Zuhair mengingkari hadits ini dari Abu Az Zubair dari Jabir. Telah menceritakan kepada kami Hannad telah menceritakan kepada kami Abu Al Ahwash dari Laits dari Abu Az Zubair dari Jabir dari Nabi ﷺ seperti hadits di atas. Perawi berkata; telah menceritakan kepada kami Huraim bin Mis'ar telah menceritakan kepada kami Fudlail dari Laits dari Thawus dia berkata; "Keduanya melebihi setiap surat dalam al-Qur`an dengan tujuh puluh kebaikan."
Dari Abu Hurairah dari Nabi ﷺ, beliau bersabda: "Sesungguhnya satu surat didalam Al Qur`an memiliki tiga puluh ayat yang dapat memberi syafa'at kepada pembacanya hingga dia diampuni. yaitu; tabaarakalladzii biyadihil mulku ( surat Al Mulk)."





Komentar

  1. Alhamdulillah jaza kallohu khoiro mas ilmu ny siip bgt senengnya HTI ini heee semoga mas sehat sellu dn lancar barokah rezekinya Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. امــــــــين يا رب العالمـــــــــين

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TARAWIH DIMASJID TAPI WITIRNYA DIRUMAH

5 SUKSES DI BULAN RAMADHAN

8 JENIS TEMAN BERGAUL DAN PENGARUHNYA